.

Senin, 18 April 2011

PR DITUNTUT BERPENAMPILAN SPESIFIK LAHIR BATHIN

Seseorang yang memilih untuk terjun pada bidang Public Relations (PR) atau Humas dituntut untuk mampu berpenampilan spesifik secara lahiriah dan bathiniah.

"Penampilan spesifik itu berupa kepribadian yang baik, menarik, sopan, dan anggun sudah menjadi harga mati bagi seorang PR," kata Cynthia Ningrum, trainer dari Jhon Robert Power Internasional untuk pelatihan kepribadian bertema "Better Personality, Better Future" di hotel Savoy Homan Bandung, Minggu.

Kegiatan yang merupakan rangkaian seminar "Complex Development" itu diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat (Hima Humas) Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) selama dua hari 15-16 November 2008.

Penampilan secara lahiriah dan batiniah mutlak dipahami bagi yang ingin terjun di bidang PR yang akan terus berhadapan dengan publik yang berasal dari berbagai macam kalangan.

Selain penampilan yang baik, seorang PR juga harus dapat berbicara dengan hati, agar publik dapat lebih memahami makna dari informasi yang diberikan. Itulah pentingnya pelatihan "Public Speaking" yaitu berbicara di depan umum dan "Personality Training" yaitu pelatihan kebribadian bagi seorang PR.

Pada dasarnya berbicara di depan umum atau publik tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Berbicara di depan publik tidak dapat disamakan dengan berbicara sehari-hari, karena publik bisa berasal dari berbagai macam kalangan dan golongan.

Perlu ada penyesuaian yang tepat agar tidak salah sasaran, baik dari tata bahasa, intonasi, pelafalan, mimik wajah, dan gerak tubuh.

Karena pada saat kita berbicara secara otomatis seluruh elemen dari tubuh kita pun ikut menyampaikan informasi.

Selain itu, penampilan juga menjadi modal utama bagi seorang PR agar tampak meyakinkan di depan publik.

Seorang PR harus memahami betul cara bersikap dan berpakian yang baik, sopan, dan anggun, serta faktor-faktor penunjang penampilan. Karena penampilan itu penting bagi manusia sebagai makhluk sosial terutama bagi seorang PR yang akan sering berhadapan dengan publik.
Untuk pelatihan publik speaking oleh Ahmad Z. Hanan dan Hilbram Dumar dari IBSC TV Presenter yang membahas beberapa hal mengenai cara berbicara di depan umum yaitu bahasa tubuh, teknik vokal saat berbicara, mengatasi gugup, dan cara menghibur audience.

Menurut Ketua Pelaksana Indira Syela Kartika, seminar yang bertemakan "Better Personality.Better Future" merupakan salah satu program kerja (proker) dari divisi Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seorang Public Relations.

1 komentar:

  1. SAlam kenal ..
    banyak juga ya poin-poin yang harus di perhatikan agar penampilan keren ..
    oya kalaiu untuk kaos kaki wanita yang kern untuk dipakai wanita seperti apa ya...

    BalasHapus