.

Kamis, 14 April 2011

Strategi Seorang Public Relation

Strategi PR

Mengapa seroarang praktisi PR membutuhkan strategi dalam berperang? seperti yang kita tahu, dalam tulisan sebelumnya bahwa Strategi adalah cara seorang PR untuk memenangkan peperangan. PR membutuhkan strategi dalam setiap aktivitasnya, dimana aktivitas PR tersebut banyak macamnya.
PR Activity :
  • Community Relations
  • Special Event
  • Political Campaigns
  • Nonprofit Events
  • Fundraising & Development
  • Public Affair
  • Issue Management
  • Crisis Communication
  • Public Information
  • Consumer and Costumer Relations
  • Lobbying
  • Investor Relations
  • dll

Sebenarnya, selain aktivitas PR yang saya jelaskan di atas, masih banyak aktivitas2x lain yang berhubungan dengan PR, sebagai praktisi PR, yang nantinya akan terjun di dunia PR, anda jangan terpatok pada aktivitas yang tertulis di text book. Karena aktivitas PR itu banyak sekali. Namun, jangan salah juga. karena terkadang pekerjaan PR bisa menjadi overlap dengan pekerjaan marketing. Disini, saya ingin mengupas perbedaan yang ada. semoga dapat dimengerti oleh temen-temen komunikasi sekalian.
  • Public Relations, adalah fungsi dari manajemen yang memfokuskan pekerjaannnya dalam pola yang panjang, yaitu PR mempunyai interaksi yang begitu kuat dengan organisasi dan seluruh publiknya. baik yang bersifat supportive, mau pun tidak supportive. PR melihat suatu kesempatan berhubungan dengan menciptakan suatu pengertian, goodwill dan support.
  • Marketing Communication, adalah fungsi managemen yang lainnya yang lebih memfokusan pada PRODUK DAN SERVICE dimana tujuannya adalah memuaskan dan mendapatkan respon dari consumers. intinya, MC (marekting communication) ingin membantu untuk memenuhi kebutuhan consumernya. MC jauh lebih memakan banyak uang daripada public relations, MC juga termasuk Advertising di dalamnya.
Apakah anda pernah mendengar hal yang dinamakan INTEGRATED COMMUNICATION? Integrated Communication adalah gabungan antara fungsi PR dengan fungsi Marketing. Dimana dalam integrated communication, public relations mensupport penuh kegiatan marketing communication. PR mecover bagian publik, dan marketing mengcover bagian produk. “PR BECOME ONNE OF THE MOST IMPORTANT ASPECT OF THE MARKETING MIX” (Gray 1998). Intergrated Communication kemudia disebut2x sebagai gabungan antara PR dan Advertising.

Mengapa PR disebut-sebut sebagai Future of Marketing? Karena dalam aktivitasnya, PR lebih efektif dan efisien. Dari segi keefektifannya, jelas PR mengcover publik dengan baik. Aktivitas PR seperti yang kita ketahui, adalah aktivitas pemberian pengertian secara detail, jelas, dan mengharapkan feedback yang jelas pula. Aktivitas PR, misalnya special event, berlangsung lama dan lebih kreatif. Aktivitas PR mengerahkan segala tools nya, dan alat-alat pendukung acara sehingga terlihat lebih menarik. Berbeda dengan Advertisining. Mungkin benar, advertising memiliki pesan yang diulang-ulang, sehingga publik dapat mengetahui mengenai suatu produk, tapi sadarkah anda? bahwa Advertising mengcover SELURUH PUBLIK, sedangkat PR mengcover publik tertentu, sehingga sasarannya tepat pada apa yang diharapkan oleh organisasi/intansi tertentu. Hal ini membuat PR lebih efektif daripada Advertising. Bukan berarti advertising juga tidak baik, namun kegiatan advertising adalah awal dari kegiatan PR. misal, suatu organisasi membuat suatu advertising untuk memasarkan produknya. Dari situ muncul brand awareness dari publik, yang dinamakan potential publik. lalu, setelah muncul brandawareness, munculah keinginan untuk membeli produk, dan pada saat itu, PR membuat suatu program-program yang bisa mendukung produk ini. Dari situ munculah komunitas-komunitas dari produk tersebut.

Baiklah, sekarang saya akan menjelaskan mengenai 9 tahap PR Strategic
Banyak Buku yang menjelaskan mengenai tahap dari aktifitas PR, rata-rata buku yang menjelaskan tahap tsb yaitu ROPE (Research, Objectives, programming, evaluation) atau formula RACE (Research, Action, Communication, Evaluation). Ronald D.Smith menjelaskan 9 tahap Public Relations Strategic, yaitu
PHASE ONE : FORMATIVE RESEARCH
  • Step 1 : Analisis Situasi
  • Step 2 : Analisis Organisasi
  • Step 3 : Analisis Publik
PHASE TWO : STRATEGY
  • Step 4 : Estabilishing Goals and Objectives
  • Step 5 : Formating Action and Response Strategies
  • Step 6 : Using Effective Communication
PHASE THREE : TACTICS
  • Step 7 : Choosing Communication Tactics
  • Step 8 : Implementing the Strategic Plan
PHASE FOUR : EVALUATIVE RESEARCH
  • Step 9 : Evaluating the Strategic Plan

Ingin Jadi PR, Harus Punya Strategi Modern

 

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai strategi Hubungan Masyarakat atau Public Relation, Unpad mengadakan Seminar dengan tema “A Workshop on Modern Strategic Public Relation“. Kegiatan ini diprakarsai oleh HIMA Humas Fikom Unpad bekerjasama dengan Radar Bandung, Harian Indo Pos Jakarta, dan Sampoerna. Bertempat di RSG Lt.4 Gd. Rektorat Baru Jl. Dipati Ukur, Bandung pada hari Selasa (23/12), seminar ini disponsori oleh PT. Excelcomindo Pratama, ION, dan Metro TV sebagai Media Partner.

Hadir sebagai pembicara antara lain Irwan Setyawan selaku Pimpinan Redaksi Harian Indo Pos Jakarta, Henny Puspitasari selaku Publicity & PR Manager Metro TV, dan juga Andy Yuharman dari Management Center Region PT. Excelcomindo Pratama. Di sesi pertama dibuka oleh Irwan Setyawan yang memberikan materi tentang “Menjalin komunikasi efektif melalui media”. Menurut pengakuan Irwan yang sudah puluhan tahun memiliki pengalaman di bidang media, kunci pokok dari tugas PR itu sendiri adalah Media Relation.
“Menjadi seorang PR dituntut untuk harus punya banyak ide untuk menciptakan hal-hal yang kreatif dan mampu menguasai teknis penguasaaan media”, lanjut Irwan. Ia juga menyatakan bahwa bila ada kasus, seorang PR perusahaan harus mampu menghadapi media. Oleh karena itu langkah penting dalam menjadi seorang PR adalah mengelola isu dengan baik, supaya tidak salah dalam melaksanakan kegiatan.

Kemudian Andy Yuharman selaku pembicara kedua dari PT. Excelcomindo Pratama memberikan materi kepada peserta seminar mengenai “Creating Effective & Creative CSR Programs“. Ia memperkenalkan sedikit mengenai XL Care, salah satu CSR Program dari PT. Excelcomindo Pratama atau biasa disebut dengan XL, yang dimulai pada saat Bencana Tsunami melanda Aceh. Andy menjelaskan bahwa XL adalah bagian dari masyarakat dan harus berkontribusi kepada masyarakat pula. “Siapapun yang duduk di PR, harus konsisten dan berkomitmen, karena hal ini sifatnya berkelanjutan”, ujar Laki-laki berkacamata ini. Ditengah-tengah acara juga dimeriahkan dengan kuis bagi peserta seminar, dengan hadiah 1 buah handphone XL dan beberapa hadiah lainnya dari sponsor.

Pada sesi terakhir, Henny Puspitasari hadir sebagai pembicara. Henny selaku Publicity & PR Manager Metro TV memberi materi seminar lebih tentang Public Relations itu sendiri. Ia lebih banyak berbagi pengalaman kepada peserta seminar yang berjumlah kurang lebih 150 orang tersebut, tentang kesabaran dalam menghadapi publik atau pemirsa TV. Lebih lanjut Henny mengatakan di PR Metro TV sendiri secara eksetrnal dan internal berfungsi secara strategis.
 
Dalam kesempatannya kali ini, Henny menjelaskan fungsi PR & Publicity Departement Metro TV, yang mana antara lain adalah sebagai pusat informasi publik; memberikan masukan bagi manajemen akan isu eksternal & internal yang dapat mempengaruhi kebijakan perusahaan; menjalankan fungsi kontrol dan penerapan akan UU Penyiaran, P3 SPS, UU Pemilu dan peraturan lainnya; serta berfungsi sebagai juru bicara perusahaan. Di penghujung acara, Henny memberikan tips kepada peserta yang akan bekerja menjadi seorang PR untuk memulai langkahnya dengan menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan seluruh pihak khususnya pihak media.

1 komentar:

  1. Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
    Oh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Rental AC Tangerang untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.

    Terimakasih lagi min,
    Salam blogger.

    BalasHapus